INCAR Polda Jatim Bantu Amankan Jakarta



JAKARTA - 4 unit mobil INCAR (Integrated Node Capture Attitude Record) milik Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim, bantu amankan Jakarta dalam Operasi Lilin Jaya Tahun 2021.

 4 unit mobil canggih ini ditempatkan di ruas toll perbatasan pintu masuk Jakarta. 

Bertempat di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Kamis (23/12/2021) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pimpin langsung Apel gelar pasukan Operasi Lilin Tahun 2021. Operasi ini dilakukan sebagai upaya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama periode Hari Raya Natal 2021 dan tahun baru 2022.

4 unit mobil canggih yang dilengkapi dengan kamera pengintai untuk merekam perilaku pengendara pelanggar lalu lintas ini, akan di siagakan selama Operasi Lilin Jaya 2021 berlangsung, dalam rangka membantu meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (kamseltibcar) serta menekan pelanggaran berlalu lintas (lalin) di Jakarta. 

Ke 4 mobil INCAR ini akan disiagakan di ruas toll perbatasan, diantaranya Perbatasan Cikampek - Metro - Jabar, di ruas toll Cipularang, dan ruas toll Jagorawi. Untuk perbatasan Metro - Banten, di ruas toll Merak. Sedangkan di perbatasan Jabar - Jateng, di ruas toll Cikampek. 

Perlu di ketahui, mobil INCAR merupakan sarana untuk meningkatkan implementasi penindakan lalu lintas berbasis elektronik, pelengkap dari sistem penindakan model E-TLE. Namun bedanya bila E-TLE bersifat statis, dan mobil INCAR bergerak. Jika ada pelanggaran lalu lintas, maka akan terkoneksi dengan data regident dan data aplikasi kependudukan. Data regident sendiri terdiri dari data SIM, STNK, dan BPKB. (NN95)