Kapolres Tulungagung Hadiri Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 Dan Percepatan Vaksinasi




TULUNGAGUNG - Assestment Covid-19 berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2022, Kabupaten Tulungagung periode 04-17 Januari 2022 berada pada Level 1.

 Berkaitan hal tersebut, Tim Satuan Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung melaksanakan Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 dan Percepatan Vaksinasi di Kabupaten Tulungagung.

Rapat dipimpin oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM. Turut hadir dalam rapat Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE, Jajaran Forkopimda Kabupaten Tulungagung, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung dr. Kasil Rokhmad, MM.RS, Kepala Perangkat Daerah terkait, serta diikuti oleh Camat se Kabupaten Tulungagung, jajaran Kapolsek se Tulungagung, jajaran Danranmil se Tulungagung, dan Kepala UPTD Puskesmas se Kabupaten Tulungagung. Rabu, (05/01/2022) di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso.

Acara diisi dengan pemaparan dari Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM tentang situasi terkini terkait resume penilaian Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kabupaten Tulungagung yang sudah berada pada level 1, dan perkembangan pencapaian vaksinasi covid-19 di Kabupaten Tulungagung. 

Lebih lanjut , Bupati Tulungagung menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang besar atas dedikasi dan kerja keras seluruh perangkat daerah dalam penanganan covid-19 dan vaksinasi di Kabupaten Tulungagung, yang mana hasil dari semua ini telah tercapainya PPKM Level 1 di wilayah Kabupaten Tulungagung. 

Bupati Tulungagung juga menambahkan, bahwa menghimbau dengan penurunan level 1 di Kabupaten Tulungagung, diharapkan jangan terlena, dan tetap selalu waspada, apalagi sekarang sudah masuk virus varian baru omicron di Indonesia. Berdasarkan informasi dari Juru Bicara Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi, total kasus Omicron di Indonesia menjadi 253 kasus terdiri dari 239 kasus dari pelaku perjalanan internasional dan 15 kasus transmisi lokal, sedangkan update per 4 Januari 2022 tercatat ada 92 kasus konfirmasi baru. 

Sementara itu, Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto, SH, SIK, MH mengapresiasi kinerja jajarannya dan perangkat daerah terkait dalam keberhasilan penanganan covid-19 dan vaksinasi di Kabupaten Tulungagung. 

Dalam Rapat Koordinasi di pendopo, Kapolres Tulungagung  menyampaikan beberapa point rekomendasi hasil kesimpulan pemaparannya, diantaranya :

1. Waspada Omicron utamanya orang dengan riwayat bepergian ke luar negeri (Negara dengan transmisi Omicron),
2. Meningkatkan respon testing, tracing dan treatment terhadap seluruh indeks kasus Covid-19 dengan pelibatan kerjasama 3 pilar.
3. Mempersiapkan logistik dan tempat perawatan Covid-19 sebagai antisipasi adanyan lonjakan kasus.
4. Pengawasan protokol kesehatan 5M yang ketat.
5. Meningkatkan cakupan vaksinasi seluruh sasaran untuk meningkatkan herd imunity. 

Selanjutnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung dr. Kasil Rokhmad, MM.RS dalam paparannya menjelaskan, bahwa cakupan vaksinasi di Kabupaten Tulungagung mengalami tren kenaikan yang signifikan. Berdasarkan data update vaksinasi per 4 Januari 2022 disebutkan total yang sudah vaksin, yakni 
1. Dosis Pertama sebanyak 77,62%
2. Dosis Kedua sebanyak 57,38%
3. Dosis Ketiga Tenaga Medis sebanyak 108,72%
Sedangkan vaksin lansia untuk dosis pertama sebesar 65,10% dan dosis kedua sebesar 38,53%. 

Di akhir acara, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM lebih dalam, mengharapkan peran serta aktif kepada babinsa, bhabinkamtibmas, camat, dan tenaga medis tingkat kecamatan untuk terus bersinergi dalam penanganan covid-19. Apalagi mulai kemarin dilaksanakan Kick Off Serbuan Vaksinasi Anak usia 6-11 tahun serentak diseluruh Sekolah Dasar se Kabupaten Tulungagung.

Sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya vaksinasi dengan pendekatan yang lebih humanis, sehingga mendorong program pemerintah dalam percepatan vaksinasi, demi terbentuknya kekebalan kelompok (KOM-NN95 - Polres Tulungagung)